Landak –  Pelacakan kontak erat (KE) atau tracing adalah salah satu cara untuk menemukan kasus baru Covid-19 yang termasuk dalam pola penanganan 3T. Tracing ini untuk meminimalisir penyebaran Covid 19.

Koramil 1201-09/Sengah Temila bersama jajaran Puskesmas di wilayah senantiasa bekerja sama melaksanakan kegiatan tracing ini melalui para Babinsa. Tracing dan vaksinasi kali ini jadi satu kegiatan yang diawaki Babinsa Kopda Sucipto Pegasus dan Puskesmas Sidas di Dusun Keraban, Desa Banying, Kecamatan Sengah Temila, Senin (31/05/2021)

Di Makoramil Sengah Temila, Danramil Letda Arm Suwandi menuturkan, tracing ini merupakan optimalisasi tim mobile Satgas PPKM skala mikro di desa. Untuk itu, Babinsa, Bhabinkamtibmas dan aparatur desa ikut mendampingi tenaga kesehatan agar pelaksanaannya lancar, tidak ada tantangan atau penolakan dari warga yang kontak erat dengan pasien terkonfirmasi Covid-19.

“Untuk pelaksanaan vaksinasi diadakan di Kantor Desa Banying sasarannya petugas pada pelayanan publik seperti perangkat desa, guru dan karyawan koperasi serta orang tua lanjut usia untuk dosis pertama, siang nanti setelah selesai tracing,” jelas Danramil.

Sementara itu, tracing ini merupakan tindak lanjut surat dari Dinas Kesehatan Kabupaten Landak tentang hasil pemeriksaan sampel swab Covid-19 dengan metode real time polymerase chain reaction (RT-PCR) yang dilakukan di Labolatorium RS Untan Pontianak dengan hasil kasus konfirmasi baru Covid-19. (Mph1201)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here