Mempawah – Pola penanganan covid-19 dilakukan oleh Dinas Kesehatan dalam hal ini Puskesmas dan Bidan Desa dengan dukungan TNI dalam pencegahan penularan covid-19 yang dilakukan sedini dan secepat mungkin. Hal ini merupakan upaya preventif sekaligus proteksi dini terhadap ambang penyebaran covid-19.

Seperti yang dilakukan oleh Anggota Koramil 01/Jongkat Serma Supriyanto jajaran Kodim 1201/Mempawah mendampingi tim tracer dari Puskesmas dan Bidan Desa saat melakukan tracing di desa Purun Besar,Kecamatan Segedong, Kabupaten Mempawah, Jumat (28/5/2021).

Serma Supriyanto mengatakan dengan gerak cepat serta langkah yang tepat seperti pendekatan persuasif kepada keluarga dan tetangga terkonfirmasi, sehingga Tim Tracer bisa berkomunikasi dengan baik sekaligus memberikan edukasi agar tetap semangat dan mentaati protokol kesehatan.

“Selama ini, Tim tracing dari Puskesmas bersama Babinsa lah yang menjadi ujung tombak penangulangan wabah Covid-19, untuk melacak warga yang terkonfirmasi positif Covid-19 maupun yang pernah menjalin kontak erat dengan warga yang terkonfirmasi positif,” tambah Serma Supriyanto.

Serma Supriyanto menambahkan monitoring akan terus dilakukan guna memantau perkembangan kondisi kesehatan keluarga terkonfirmasi. Hal ini merupakan tugas dan tanggung jawab Babinsa sebagai aparat teritorial kewilayahan.

“Sebagai seorang Tracer, Tim penanganan Covid-19 harus bekerja cepat dikala ada pasien suspeck atau terkonfirmasi positif Covid-19 sehingga tidak menular ke yang lain. Harus menjadi perhatian kita semua bahwa upaya memutus rantai penularan Covid-19, merupakan tugas dan tanggung jawab semua pihak,” tutup Serma Supriyanto.(mph 1201

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here