Pemerintah Lebong Paparkan 4 Isu Strategis di Musrenbang RKPD 2025

BERITA, DAERAH, LEBONG73 Dilihat

Lebong, tintabangsa.com – Setelah usai melakukan musyawarah rencana pembangunan (musrenbang) di tingkat kecamatan di Kabupaten Lebong, Pemerintah Kabupaten Lebong gelar musrenbang tingkat Kabupaten pada Kamis (28/3/2024) untuk mengakumulasikan hasil musrenbang yang akan menjadi arah pembangunan Kabupaten Lebong di tahun 2025 mendatang.

Terdapat 4 isu strategis yang menjadi rencana pembangunan Kabupaten Lebong di tahun 2025. Isu-isu tersebut meliputi isu ekonomi, infrastruktur dan konektifitas, sumber daya manusia, serta isu sosial budaya.

Sesuai dengan pemaparan yang disampaikan di aula Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (BAPPEDA), untuk meningkatkan pembangunan dari sisi ekonomi terutama ekonomi rakyat di bidang pertanian dan UMKM. Kabupaten Lebong merencanakan pengadaan benih padi, pupuk bersubsidi, alsintan pertanian, bibit ikan, fasilitasi pembinaan dan perizinan UMKM, serta pembinaan koperasi desa. Untuk meningkatkan laju ekonomi, pemerintah juga akan melakukan pemeliharaan dan pembangunan irigasi premier dan sekunder serta merehabilitasi jalan usaha tani yang merupakan jalan produksi di daerah Kabupaten Lebong.

Untuk pembangunan dari segi sosial budaya rencananya akan dilakukan penyediaan air bersih dan sanitasi desa, perbaikan rumah tidak layak huni dalam kawasan pemukiman dengan luas 10 – <15 Ha. Selain itu untuk membantu masyarakat, pemerintah merencanakan akan mengadakan subsidi pinjaman tanpa anggunan bagi para pelaku UMKM, serta akan memfokuskan pada penanganan stunting berupa pemberian pasokan makanan tambahan bagi ibu hamil dan menyusui.

Dibidang pembangunan sumber daya manusia terdapat rencana pembangunan sarana prasarana dan utilitas sekolah, pemberian bantuan beasiswa bagi murid berprestasi dan juga kurang mampu, pengelolaan jaminan kesehatan masyarakat, serta melakukan pengembangan desa wisata agar menjadi Wisata Unggulan di Kabupaten. Selain itu, pemda juga akan memfasilitasi pembinaan tenaga kerja dengan memberikan fasilitas magang luar negeri, pelatihan pertukangan dan perbengkelan dan lain-lain.

Setiap tahun yang menjadi pokok bahasan paling penting yakni pembangunan infrastruktur, mengingat masih banyaknya infrastruktur publik yang belum terbangun serta masih banyaknya jalan dan jembatan penghubung yang sudah mulai rusak, pemda Lebong merencanakan pembangunan serta peningkatan jalan dan jembatan, melakukan pemeliharaan dan rekontruksi jalan desa atau jalan lingkungan, pembangunan sarana prasarana pencegah/pengendali bencana alam. Pemerintah juga merencanakan akan melakukan peningkatan dan melakukan rehabilitasi fasilitas olahraga Kabupaten.

Sumber : Draft Pemaparan Musrenbang RKPD Kabupaten Lebong 2025

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *