Musi Rawas, tintabangsa.com, – Plt Sekda Kabupaten Musi Rawas, H Edi Iswanto mengatakan secara sistemik Narkoba telah merusak kehidupan berbangsa dan bernegara. Narkoba telah merusak ekonomi dan budaya bangsa hingga perlu ditanggulangi, karena memang tidak ada sisi positifnya.

“Kita menyambut baik dengan diresmikan Kampung Tangguh Anti Narkoba. Tentunya ini sebagai komitmen dalam Pencegahan, Pemberantasan Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkoba (P4GN). Karena ini bukan hanya tugas dan tanggung jawab BNN atau Polisi maupun Pemerintah Kabupaten Musi Rawas, tetapi seluruh komponen masyarakat,” ungkap Sekda Edi Iswanto saat mewakili Bupati Musi Rawas meresmikan Kampung Tangguh Anti Narkoba di Desa Pedang, Kecamatan Muara Beliti, Jum’at (18/06/2021).

Untuk itu, lanjutnya perlu kepedulian bapak/ibu sekalian agar P4GN dapat berjalan dengan baik di Desa Pedang yang sudah diresmikan sebagai Kampung Tangguh Anti Narkoba.

“Bentuk kepedulian ini salah satu diantara memberikan kepahaman akan bahaya dan dampak narkoba, sehingga harus dijauhi masyarakat kita disini,” jelas Sekda.

Sementara, Kapolres Musi Rawas, AKBP Efranedy mengatakan Kampung Tangguh Anti Narkoba menjadi penting karena untuk mengatasi gawatnya Narkoba.

“Saat ini yang mengonsumsi narkoba sudah merambah hingga anak kecil dengan sistem hisab. Sangat memprihatinkan, bahkan hingga kepelosok-pelosok daerah. Untuk itu aparat penegak hukum tidak main-main lagi terhadap masalah ini, secara serius menndak siapapun dia bila terlibat narkoba,” ungkap Kapolres setelah memandu warga Desa Pedang untuk berikrar ‘Lawan dan Perangi Narkoba’.

Kapolres juga menyampaikan, dipiilihnya Desa Pedang sebagai Kampung Tangguh Anti Narkoba karena kesediaan komitmen mulai dari Kepala Desa (Kades), Pemangku Adat, Tokoh Agama/masyarakat serta pemuda siap komitmen dalam upaya P4GN.

“Intinya semua kita disini, Kades siap berjuang memerangi narkoba,” ujar Kapolres.

Hadir dalam acara ini, Kepala BNNK Musi Rawas, Hendra Amoer, Perwakilan dari Dandim 0406 MLM, Kasat Narkoba Polres Musi Rawas, AKP Denhar, Plt Camat Muara Beliti, Kades Pedanh, serta audien di Desa Pedang yang terdiri dari Pemangku Adat dan Tokoh Adat, Tokoh Agama, Tokoh Masyarakat, Karang Taruna dan kelompok masyarakat.

Usai acara, dari Polres Musi Rawas melalui Kasat Narkoba disampaikan santunan kepada lansia berupa bansos sembako.(ADV/SY)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here