Bengkulu, tintabangsa.com, – Serikat Media Siber Indonesia (SMSI) Provinsi Bengkulu merayakan hari jadinya ke 4 tahun. Perayaan hari jadi tersebut digelar di Ball Room Hotel Mercure Bengkulu, Sabtu (6/3/2021) malam.

SMSI yang dibentuk pada 7 Maret 2017, secara nasional telah memiliki anggota sebanyak 1.200-an media online. Untuk di Bengkulu, sebanyak 85 media online yang bergabung di SMSI.

Dikatakan Wibowo Susilo, Ketua SMSI Bengkulu, dari 85 media online tersebut, 11 media online telah terverifikasi administrasi dan faktual, 7 terverifikasi administrasi dan selebihnya merupakan perusahaan pers yang berbadan hukum Perseroan Terbatas (PT). SMSI terus berupaya agar media-media online yang tergabung didalamnya mematuhi standar perusahaan yang ditetapkan Dewan Pers, salah satunya dengan mendaftar untuk mendapat status terverifikasi administrasi.

“Setelah terverifikasi administrasi, nanti kemudian SMSI akan mengusulkan ke Dewan Pers agar dilakukan verifikasi faktual, program ini terus kita lakukan sejak SMSI berdiri di Provinsi Bengkulu Oktober 2017 lalu, anggota SMSI yang belum memenuhi syarat kita lakukan pembinaan, misalnya belum punya UKW, maka kita dorong wartawannya untuk mengikuti UKW, tapi secara UU Pers, semua media anggota SMSI di Bengkulu telah berbadan hukum PT,” sampai Wibowo.

Dengan mendaftarkan data perusahaan ke Dewan Pers sesuai standar yang ditetapkan Dewan Pers, maka media online tersebut akan mudah diakses oleh instansi yang membutuhkan jasa media. Sebab, saat ini regulasi sudah mulai ketat, bahkan instansi-instansi baik pemerintah dan swasta sebagian telah menggunakan data media dari Dewan Pers sebagai syarat bekerjasama.

Wibowo juga memberikan ucapan selamat kepada Ketua PWI Zacky Antoni yang berulang tahun ke 44 pada 5 Maret. Dia menegaskan bahwa antara SMSI dan PWI tidak dapat dipisahkan dan saling melengkapi. Sebab, SMSI didirikan oleh para senior PWI.

“Hubungan historis dan emosional antara SMSI dan PWI terus kita jaga, meskipun secara struktural tidak terikat, namun SMSI dan PWI adalah saudara, jika PWI merupakan wadah bagi para wartawan, SMSI merupakan wadah bagi perusahaan media online,” kata Wibowo.

Wibowo tak lupa memberikan pujian kepada Wakil Wali Kota Bengkulu Dr Dedy Wahyudi yang turut hadir. Menurut Wibowo, Dedy Wahyudi merupakan sosok mantan wartawan yang menginspirasi.

“Beliau ini (Dedy Wahyudi) sosok inspiratif, mantan wartawan yang berkarir dari bawah, dan kini menjadi pejabat. Selamat kepada beliau yang sukses meraih gelar doktor, kepada media-media anggota SMSI, mari dukung pembangunan Pemkot Bengkulu, bantu pemerintah mewujudkan program-programnya melalui pemberitaan di media kita, namun tetap kritis untuk memberikan saran, masukan sebagai kontrol sosial,” tutur Wibowo.

Dalam kesempatan itu, Ketua Dewan Penasihat SMSI Bengkulu Irjen Pol Supratman mengatakan, dirinya sebagai penasihat akan terus meningatkan SMSI agar menjadi wadah media yang profesional. Dia juga memberikan apresiasi kepada SMSI Bengkulu yang masih berusia muda, namun telah banyak berbuat.

Mantan Kapolda Bengkulu putra asli daerah yang mengakhiri masa jabatan dengan mendapat bintang dua ini juga menyampaikan, media merupakan mitra dirinya sejak mendapat jabatan di Polri.

Selain mantan Kapolda, Wakil Wali Kota Bengkulu yang juga Dewan Penasihat SMSI tampil memberikan sambutan. Wawako yang baru saja meraih gelar doktor di Unib ini tak lupa mengucapkan selamat kepada SMSI Bengkulu dan terus memberikan dukungannya agar SMSI berkembang semakin baik. Wawako juga mengucapkan terimakasih kepada media-media anggota SMSI Bengkulu yang telah berpartisipasi dalam membantu pemerintah Kota Bengkulu untuk menyampaikan informasi kepada masyarakat.

Mantan pemimpin redaksi Harian Rakyat Bengkulu ini juga meminta dukungan agar program Pemkot Bengkulu untuk mengatasi sampah dapat terealisasi. Alhasil, curhat Wawako soal sampah disambut oleh Bupati Bengkulu Tengah Ferry Ramli. Bupati Ferry Ramli yang juga Dewan Penasihat SMSI ini siap bekerjasama dengan Pemkot Bengkulu untuk mengatasi sampah.

“Bengkulu Tengah siap membantu Pemkot atas masalah sampah, kita siap sediakan lahan diperbatasan untuk perluasan TPA sampah, silahkan nanti sampah dari kota dibuang disana,” tutur Bupati sembari menyampaikan akan membahas lebih lanjut perihal tersebut.

Diakhir acara tersebut, dilakukan pemotongan tumpeng HUT SMSI ke 4, HUT media online Bengkulutoday.com ke 7 dan HUT media online Klikwarta.com ke 4, dilanjutkan dengan pemberian bantuan sosial kepada penyandang disabilitas dan mahasiswa terdampak pandemi. (TB)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here