Mahasiswa PKUMI Menyusun Disertasi di Kampus Ternama Amerika Serikat 

Nasional41 Dilihat


California – Selasa, 04 Juni 2024 pukul 14.15 para peserta short course PKU-MI/LPDP/Univ. PTIQ di UCR kembali berkumpul di ruangan INTN 2009. Prof. Muhamad Ali, selaku Direktur Midle East and Islamic Studies University of California Riverside yang juga menjadi supervisor utama, memberikan penguatan penguatan metodologis kepada tiap mahasiswa peserta short course. Setelah dua kali pembimbingan proposal dan outline sebelumnya, kali ini beliau mendengarkan progress masing-masing peserta short course dan memastikan tidak ada kendala yang dihadapi. 

Tiga belas pererta short course mengikuti proses pembimbingan tersebut dengan penuh antusias. Sesekali  pertemuan itu diselingi candaan yang mengundang tawa para peserta. Pertemuan kali ini, Prof. Muhamad Ali mengawali dengan beberapa pesan.  Pertama, ia menegaskan akan banyak mendengar progres dan kendala yang dihadapi masing-masing selama proses menulis, baik itu referensi maupun metodologi dan pendekatan.

Kedua, menggarap disertasi adalah proses yang harus senantiasa dipikirkan secara berkelanjutan. Setiap kesempatan membaca dan mendapatkan inspirasi ide yang terkait dengan tulisan, maka langsung catat dan lengkapi dengan mencatat referensinya secara lengkap.

Ketiga, Progres penulisan itu bersifat personal. Tolak ukur progres diukur oleh sejaumana perkembangan dari titik awal. Gaya dan ritme penulisan setiap orang berbeda satu dengan yang lain. Yang penting adalah anda bergerak dan jangan sungkan untuk berdiskusi dan bertanya ketika mendapatkan kendala. 

Demikian beberap poin penting nasehat Prof. Ali yang kemudian dilanjutkan oleh penyampaian progres terkini tiap mahasiswa. Selain mempresentasikan detail sub bab dan beberapa poin penting yang telah dikerjakan, setiap orang mengkonfirmasi beberapa kendala metodologis dan teoritis.  Pada moment tersebut, para peserta mengungkapkan rasa senang lantaran fasilitas riset dan akademis yang tersedia di UCR benar-benar memberikan kemudahan.

Selain itu, mereka juga sangat senang menikmati waktu-waktu efektif di kampus dengan suasana kampus yang tenang dan nyaman dengan fasilitas yang cangih dan  perpustakaan yang open akses. Sembari mendengarkan presentasi peserta, Prof. Muhamad Ali sangat antusias dan serius mencatat dan merepons hal urgen untuk ditanggapi. 

Pada kesempatan tersebut, Prof. Ali banyak mengelaborasi teori riset sesuai dengan tema masing-masing peserta. Selain itu, Prof. Muhamad Ali mengungkapkan perasaan senang atas progres para peserta short course yang menggembirakan. Menutup pertemuan ini, Prof. Ali mengajak untuk memanfaatkan waktu tersisa dengan sebaik-baiknya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *