Mempawah – Babinsa Pak Laheng, Serda Sardi Kusuma Anggota Koramil 1201-05/Toho bersama perangkat Desa Pak Laheng, mendampingi Tim Puskesmas Toho melaksanakan test swab polymerase chain reaction (PCR) kepada warga yang kontak erat dengan salah satu pasien yang terkonfirmasi positif Covid 19 di Desa Pak Laheng dan Desa Toho Hilir Kecamatan Toho Kabupaten Mempawah, Senin (7/6/2021).

Serda Sardi Kusuma mengatakan Test Swab PCR dilakukan karena salah satu warga Desa Bangun Jaya itu teridentifikasi positif Covid-19. 3 anggota keluarga yang sempat kontak erat kemudian menjalani test swab PCR.

“Saat ini, anggota keluarga pasien menjalani isolasi. Sedangkan pasien positif sudah dalam penanganan,” kata Serda Sardi Kusuma.

Serda Sardi Kusuma menambahkan dengan adanya kegiatan tracing ini diharapkan warga semakin sadar bahaya Covid 19, bukan untuk ketakutan akan tetapi waspada dan bisa mengambil langkah pencegahan dan berkoordinasi dengan satgas yang ada di kelurahan masing masing.

“Untuk kepentingan petugas dalam memutus mata rantai penyebaran, kami berharap pasien jujur menceritakan pada kami sebelumnya bertemu dengan siapa, agar bisa kita cegah penyebarannya,” ungkap Serda Sardi Kusuma.

Sementara itu Petugas Puskesmas Toho Victor Hudayadi menghimbau Kepada warga masyarakat agar tidak panik dan lebih bijak melihat pemberitaan di Media Sosial, silahkan tetap beraktifitas seperti biasanya dengan tetap menjaga kesehatan dan mematuhi Protokol kesehatan 5M yaitu Mencuci Tangan, Memakai Masker, Menjaga Jarak, Menghindari Kerumunan, Mengurangi Mobilisasi.

“Karena kita tahu Covid 19 belum berakhir, dukung upaya 3T ini dengan bersedia melakukannya dan stop stigma pada pasien Covid 19,”jelas Victor. (Mph1201)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here