Muratara, tintabangsa.com- Satukan persepsi dalam pembangunan rumah besar Muratara, Bupati H Devi Suhartoni (HDS) melakukan rapat koordinasi bersama seluruh Kepala Desa (Kades) dan Camat se Kabupaten Musi Rawas Utara (Muratara), Selasa (2/3/21).

Bertempat di Opp Room Setda Muratara dan turut dihadiri Kepala DPMD Muratara H Gusti Rohmani, dalam rapat koordinasi bersama Kepala Desa Muratara, Bupati HDS meminta agar dana desa untuk tidak diakal-akali dan harus fokus dalam beberapa pembangunan saja.

Bupati Muratara H. Devi Suhartoni usai rapat bersama Kepala Desa kepada awak media mengatakan, terkait pengelolaan Dana Desa, Kepala Desa harus patuh dan disiplin terhadap pengunaannya.

Dalam penggunaanya dana desa, menurut dia, harus tetap mengikuti Petunjuk Teknis (Juknis), Petunjuk Pelaksanaan (Juklak), dan tetap fokus terhadap beberapa pekerjaan saja. Pengunaan dana desa juga jangan diakal-akali, karena pengunaan di desa tidak boleh berbenturan dengan pembangunan yang dilakukan oleh Pemerintah Kabupaten.

“Terus di desa itu harus aman dan nyaman, tidak boleh ada penyetruman ikan. Apalagi preman, baik preman dalam pembangunan atau alat pembangunan mau masuk, ditekan dengan sistem PK atau semacamnya untuk keamanan,” ungkapnya.

Dijelaskan HDS, dalam rapat koordinasi itu juga telah ada kesepakatan, kedepan akan ada penilaian desa terbaik, dengan kriteria desanya aman tidak ada kericuhan maupun radikalisme, penyetruman dan sebagainya. Sekarang, lanjutnya, masih dirumuskan dan bila nanti desa-desa itu terpilih, Kepala Desanya dapat hadiah serta desa juga dapat hadiah berupa pembangunan.

“Saya tadi juga perintahkan kepada semua Kepala Desa untuk mendata PKH dan Lansia, serta Kades-kades harus mulai memikirkan BUMDES nya hidup serta UMKM yang ada di desa,” tukasnya. (ADV)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here