Musi Rawas, tintabangsa.com, – Wakil Bupati (Wabup) Kabupaten Musi Rawas (Mura) membuka secara resmi Seleksi Tilawatil Quran dan Hadits (STQH) Ke-49 Tingkat Kabupaten Mura Tahun 1442 H/2021 M, pembukaan acara langsung secara resmi oleh wakil Bupati Musi Rawas Hj.Suwarti, Senin (01/3/2021) di Masjid Agung Darussalamah Muara Beliti.

Di Acara tersebut di awali dengan pelantikan dan Pengambilan sumpah kepada para panitia dan dewan hakim  yang akan bertugas dalam pelaksanaan STQH ke-49 di Kabupaten Musi Rawas.

Peserta yang mengikuti STQH ke-49 Kab.Musi Rawas sebanyak 182 Kafilah yang berasal dari 14 kecamatan yang berada di Kabupaten Mura akan mengikuti  STQH tingakat kabupaten Mura yang akan dilaksanakan dari 1-4 Maret 2021 bertempat di Kecamatan Muara Beliti.

Dihadapan para undangan serta kafilah utusan dari 14 Kecamatan se-Kabupaten Mura Ketua panitia STQH ke 49 Tingkat Kab. Mura Asisten I Setda Musi Rawas H.Heriyanto, dalam laporannya menyampaikan ada empat cabang STQH yang akan di perlombakan diantaranya Tilawah, Hifdzhil Qur’an, Hadis, Tafsir Bahasa Arab.

“Dimana tujuan pelaksanaan STQH adalah meningkatkan syiar Islam melalui pendekatan seni baca Al Quran, hifzil Quran dan tafsir Al Quran disamping itu, STQH ini juga bertujuan untuk mencari bibit yang dapat mewakili Mura pada pelaksanaan STQH Tingkat Provinsi Sumsel yang akan dilaksanakan di OKU.” ucapnya

Sementara itu, Wakil Bupati (Wabup) Mura Hj Suwarti menjelaskan STQH sebagai upaya menumbuhkan kecintaan masyarakat untuk senantiasa mempelajari dan memahami petunjuk ajaran alquran.

“Jadikan momentum mencipatakan karakter daerah yang unggul menjadikan Al Qur’an dan hadis untuk menuju Mura Mantab,” tutur Suwarti.

Selain itu, kepada para kafilah yang mewakili dari Kecamatan dalam wilayah Kabupaten Mura agar dapat memberikan kemampuan terbaiknya dalam meraih prestasi di ajang STQH tingkat Kabupaten Mura.

Namun, ia meminta agar yang menjadi peserta dan prestasi memang benar-benar dari masyarakat Mura. Sehingga masyarakat Mura setiap tahunnya dapat termotivasi untuk berprestasi baik di tingkat Kabupaten, Provinsi maupun Nasional.

Dalam kesempatan tersebut Hj Suwarti juga menyampaikan program prioritas Kabupaten Mura diantaranya Bantuan Pondok Pesantren, Rumahmah tahfidz, seragam gratis, berobat gratis, sekolah gratis tingkat SD SMP, Santunan Kematian, Bantuan alat berat, pembangunan insfratruktur jalan selesai dalam satu periode. (ADV)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here