Rejang lebong, Tintabangsa.com – Dinas Pekerjaan Umum (DPU) Kabupaten Rejang Lebong tahun ini kembali akan melanjutkan pembangunan rumah adat Nusantara yang berada di kawasan Villa Diklat Danau Mas Harun Bastari (DMHB).

Kepala Dinas Pekerjaan Umum (DPU) Kabupaten Rejang Lebong Yusran fauzi mengatakan, pembangunan rumah adat Nusantara ini pada tahun sebelumnya telah dibangun sebanyak 15 unit. Dan pada tahun 2021 ini rencananya akan dibangun lagi sebanyak 10 unit.

“Kemarin sebenarnya itu lebih kurang ada 38 rumah adat direncanakan tapi baru kita laksanakan 15. 15 yang saat ini mungkin sudah dimanfaatkan atau di fungsikan oleh Dinas Pariwisata. Dan tahun ini kita akan melanjutkan lagi tapi masi dalam perhitungan finalnya. Karena mungkin ada beberapa mungkin harga yang berubah, berapa unit nanti yang akan kita bangun. Kalau tidak salah lebih kurang 10 unitan,” kata Yusran, saat ditemui dikantornya, Kamis siang, 21 Januari 2021. 

Yusran menjelaskan anggaran yang disiapkan untuk pembangunan rumah adat Nusantara di kawasan Villa Diklat DMHB tersebut mencapai Rp 2 miliar, yang bersumber dari Dana Alokasi Umum (DAU).

“Kemudian ada penyelesaian rumah adat dan itu pun kemudian dianggarakan di DAU,” ujarnya.

Yusran menargetkan, pembangunan rumah adat Nusantara tersebut akan rampung pada bulan Desember mendatang.

“Target selesai 31 Desember,” tuturnya.

Ia pun menambahkan, Pemerintah Kabupaten Rejang Lebong berencana akan membangun lebih kurang 38 rumah adat. Dan rumah-rumah adat tersebut akan mewakili setiap rumah adat dari setiap Provinsi di Tanah Air. (ADV)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here