Jelang Libur Nataru 2023-2024, Sat Lantas Polres Mukomuko Lakukan Ramcek Angkutan Umum

Mukomuko, tintabangsa,com — Menjelang libur Natal 2023 dan tahun baru 2024 (Nataru), Satuan Lalu Lintas Polres Mukomuko bersama Dinas Perhubungan, Dinas Kesehatan dan Jasa Raharja Kabupaten Mukomuko melakukan pemeriksaan kendaraan (Ramcek) terhadap angkutan umum dan travel yang ada di Mukomuko, Rabu (15/11/2023).

Kapolres Mukomuko AKBP Nuswanto, S. H., S. I. K., M. H., melalui Kasat Lantas Polres Mukomuko AKP Rully Zuldh F, S.I.K, M.Si mengatakan, Ramcek digelar guna memastikan kesiapan dan kelayakan setiap angkutan umum yang akan melayani arus mudik dan balik saat perayaan Natal 2023 dan Tahun Baru 2024.

“Kami bersama instansi terkait berupaya melakukan pencegahan dini terhadap kecelakaan yang diakibatkan karena masalah teknis kendaraan,” ujarnya.

Menurutnya, Ramcek tersebut terdiri atas pemeriksaan surat-surat kendaraan, kondisi ban mobil, lampu penerangan depan belakang, klakson dan weper air dan lain sebagainya.
Ramcek ini, kata AKP Rully, akan terus dilakukan untuk mengantisipasi angkutan umum dan travel melakukan pelanggaran. Mengingat, angkutan harus memperhatikan keselamatan dan kenyamanan penumpangnya.

AKP Rully juga mengimbau kepada pengemudi agar selalu melakukan pengecekan secara rutin baik kelayakan teknis maupun administrasi sebelum kendaraan dioperasikan. Selain itu, penting juga diperhatikan aspek kecepatan saat berkendara. Sasaran tidak hanya kendaraan, namun kondisi kesehatan supir juga menjadi prioritas dalam pengecekan ini. Setiap supir yang telah ditemui, dilakukan pemeriksaan oleh tim dari Dinas Kesehatan.

Menurutnya, pengecekan yang dilakukan ini, sekaligus juga untuk membangun budaya disiplin tertib dan etika berlalu lintas dan meningkatkan kualitas keselamatan berlalu lintas.

“Harapan kita semua tentu dengan adanya ramcek ini dapat menekan angka pelanggaran lalu lintas maupun menekan angka fatalitas korban kecelakaan lalu lintas. Sehingga masyarakat atau pengguna angkutan umum dan travel merasa nyaman dan aman dalam liburan Nataru 2023-2024.” Tutupnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *