Peringkat 85 Nasional, IDSD BS Terbaik Dua di Provinsi Bengkulu

Bengkulu Selatantintabangsa.com – Kemenristek/Brin melalui Direktorat Sistem Inovasi, telah menginisiasi penyusunan model pengukuran Indeks Daya Saing Daerah (IDSD). Dari 11 kabupaten/kota se-Provinsi Bengkulu, Kabupaten Bengkulu Selatan berada pada posisi 85 nasional dengan skor 2.1410 dan terbaik dua di Provinsi Bengkulu setelah Kabupaten Bengkulu Utara pada posisi 57 nasional. Itu dapat dilihat berdasarkan rilis Kemenristek/Brin pada laman website indeks.inovasi.ristekbrin.go.id.

Diketahui, IDSD ini dapat menggambarkan kondisi dan kemampuan suatu daerah, dalam mengoptimalkan seluruh potensi yang dimilikinya melalui peningkatan produktifitas, nilai tambah dan persaingan baik domestik maupun internasional demi kesejahteraan yang tinggi dan berkelanjutan.

Kepala Bappeda Litbang Bengkulu Selatan, Sukarni Dunip menjelaskan, bahwa komitmen pemerintah untuk terus meningkatkan daya saing daerah. Pada dasarnya akan terus dilakukan secara berkelanjutan.

“Kita berharap, ini menjadi stimulus di dalam mendorong inovasi masyarakat. Sehingga bisa berkontribusi dalam peningkatan daya saing daerah,” ujarnya.

Bupati Bengkulu Selatan, Gusnan Mulyadi mengatakan, selain mendorong daya saing daerah juga sebagai upaya untuk mewujudkan kemandirian suatu daerah. Menurutnya, Kabupaten Bengkulu Selatan akan terus berbenah dengan berupaya melakukan terobosan-terobosan inovasi bagi kemajuan daerah sendiri.

“Daya saing saat ini menjadi salah satu parameter dalam konsep pembangunan daerah berkelanjutan,” tutur Bupati.

Menurutnya di tengah APBD dan APBN yang menurun pihaknya harus melakukan inovasi, kreatifitas yang cerdas agar bisa tetap maju dan sejahtera.

“Tidak boleh kita hanya mengandalkan APBD harus berinovasi bersama sektor Swasta, BUMN dan Pemerintah Pusat,” ungkapnya.

Pemkab Bengkulu Selatan, sambungnya, memiliki target memikiki Indek Daya Saing Tinggi, Daerah Inovatif, nilai Sakip BB, Opini BPK WTP, Angka Kemiskinan di bawah 15 % dan meningkatkan IPM yang sudah pada urutan ke 2 setelah Kota Bengkulu.

“Dan meningkatkan kabupaten Sehat, menuju, serta menuju kabupaten layak anak dan predikat lainnya. Kita tingkatkan secara bertahap dengan program yang berkelanjutan,” demikian Bupati.
Kominfo kak edi Kasi ikp changed the group description. Click to view.
Tim Mc Cakra 2 changed the group description. Click to view.
[05:56, 1/8/2021] +62 851-5757-1761: Bedah Rumah Selesai, Baznas Serahkan Kunci Rumah

Bengkulu Selatan – Baznas Bengkulu Selatan menyerahkan secara simbolik kunci bedah rumah kepada Desmiarti, warga Jalan Gedang Melintang, Kelurahan Pasar Bawah, Kecamatan Pasar Manna, Kamis (7/1/2021)

Kunci diserahkan oleh Asisten I Setkab BS, Yunizar Hasan didampingi Wakil Ketua Baznas, Ali Nundiha serta Sekretaris, Selli Yuspita Sari dan Camat Pasar Manna, Mimi Herawati.

“Iya tadi kita serahkan kunci rumah hasil bedah rumah yang baru selesai. Ini merupakan program bedah rumah Baznas Bengkulu Selatan tahun lalu,” kata Yunizar Hasan.

Ditambahkan Wakil Ketua Baznas Bengkulu Selatan, program bedah rumah akan kembali dilaksanakan tahun 2021 ini. Sumber dana berasal dari dana ZIS Baznas Bengkulu Selatan.

“Untuk itu kami harapkan partisipasi seluruh pihak demi kelancaran program ini. Terkhusus dalam pembayaran zis dimasing – masing instansi,” pungkasnya. (MC Bengkulu Selatan)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *